Inilah Cara Menunda Penuaan


Iklan anti-aging sering kita lihat di televisi, koran maupun tabloid. Mulai yang harganya murah, belasan ribu hingga jutaan rupiah. Banyak janji-janji yang diberikan produk anti-aging itu. Awat muda dalam seminggu, sebulan, dan seterusnya.
Nah, daripada sakit hati karena janji-janji itu ternyata palsu, lebih baik beralih ke bahan alami. Sebab, banyak bahan alami yang yang bisa membuat kulit tetap muda, lembut dan kenyal. Berikut beberapa bahan yang bisa Anda coba gunakan.

1. Santan
Santan diketahui mengandung vitamin C yang melembabkan dan menjaga elastisitas dan kelenturan kulit, sehingga mampu membantu mencegah keriput, kulit kendur dan bintik-bintik penuaan. Cara menggunakannya: hangatkan santan. Oleskan pada kulit yang telah dibersihkan dengan gerakan memutar. Cuci bersih setelah 30 menit.

2. Minyak vitamin E
Dikenal untuk meningkatkan produksi kolagen. Ini juga dapat memblokir kerusakan akibat radikal bebas yang sering menjadi penyebab utama munculnya keriput. Cara menggunakannya: oleskan minyak vitamin E secara teratur di malam hari ke kulit yang dibersihkan.

3. Air mawar
Dikenal karena sifatnya yang mampu mengencangkan kulit. Ketika ditambahkan ke masker wajah, air mawar memberikan manfaat luar biasa bagi kulit Anda. Cara menggunakannya: campurkan dengan masker wajah atau scrub wajah Anda. Cuci dengan air hangat.

4.Pepaya
Buah ini memiliki enzim yang disebut papain yang dapat melarutkan sel-sel mati pada permukaan kulit dan membuat kulit lebih elastis dan kencang. Cara menggunakannya: hancurkan beberapa potong pepaya dan oleskan pada wajah Anda untuk membuatnya kenyal dan halus.

5. Yogurt
Yoghurt mengandung asam laktat yang mampu membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati dan meremajakan tekstur kulit dari dalam. Cara menggunakannya: Anda bisa menambahkan yogurt ke masker wajah. Oleskan ke kulit yang dibersihkan. Yogurt bisa agak berminyak. Jadi jika Anda memiliki kulit berminyak, yang terbaik adalah menghindarinya. Atau coba gunakan dalam cuaca kering. (healthsite)