Apple Glasses Meluncur di 2021


Apple Glasses masih terus menjadi teka-teki. Dikabarkan akan dilempar ke pasar di tahun 2020, ternyata prediksi itu berubah lagi. Analis Gene Munster memperkirakan jika Apple Glasses akan dirilis ke pasar di 2021 nanti. Dan diperkirakan kacamata cerdas ini  bisa lebih populer daripada iPhone.
Dilansir Phone Arena, Selasa (23/5), Munster mengubah prediksinya setelah bertemu dengan sejumlah pakar Augmented Reality (AR). Berdasarkan keterangan mereka, produk seperti Apple Glasses masih butuh beberapa tahun lagi agar siap dijual ke pasar. Pernyataan Munster ini kian menguatkan indikasi Apple memang sedang menyiapkan Apple Glasses. Sebelumnya, CEO Apple, Tim Cook, mengatakan pada Oktober lalu teknologi untuk kacamata AR belum siap.
Munster mengatakan, Apple kemungkinan akan merilis headset AR tersebut pada Desember 2021, bukan September 2020 seperti yang diprediksi sebelumnya. Ia memperkirakan produk tersebut akan terjual 10 juta unit pada tahun pertama. "Mereka mengatakan, kami meyakini AR itu nyata dan Apple akan menerima manfaatnya," ungkap Munster.
Harga jual Apple Glasses diperkirakan berkisar US 1.300 atau sekitar Rp 18 juta dan akan menyumbang hingga tiga persen untuk total pendapatan fiskal 2022 Apple.
Menurut Munster, Apple Watch, AirPods dan Apple Glasses akan memberikan kontribusi sebesar US 71 miliar untuk pendapatan Apple pada 2023.
Penjualan awal Apple Glasses sendiri dinilai tidak akan berjalan dengan mulus, mengingat saat ini ada kekhawatiran tentang keamanan. Hal ini terlihat dengan Google Glass yang tidak begitu sukses, membuktikan produk semacam itu belum siap diterima seluruh masyarakat.
Kendati demikian, Munster yakin kacamata AR nantinya akan diterima dengan baik. "Di masa depan, kita tidak akan bisa hidup tanpa wearable AR dan Apple akan ada dengan produknya," ungkapnya. (uta/opi)