Untuk Tujuan Baik, Kita Harus Berani Berubah


             
Mitra bisnis, dalam business wisdom hari ini saya ingin menelaah tentang perubahan atau change. Untuk ke arah yang lebih baik, maka kita harus mau berubah. Lalu, apa saja yang membutuhkan perubahan itu?
Ada sebuah pertanyaan menarik, kenapa sih kita harus mengerjakan pekerjaan kita dengan cara seperti ini? Jawabannya pun tenyata sesuatu hal yang lucu, yaitu karena kita selalu mengerjakannya dengan cara seperti ini.
Kalau kita lihat apa yang kita lakukan saat ini dan apa yang kita lihat tahun lalu, sama atau tidak? Apa yang sudah berubah, change-nya di mana? Kita semua setuju dan mengakui bahwa untuk perubahan yang lebih baik, maka
kita harus berubah. We have to change. Hal ini dikarenakan segalanya telah berubah. Tetapi apakah betul kita telah melakukan perubahan itu? Kita juga tahu bahwa change is not automatic. Change is difficult atau perubahan itu susah. Change need investment. Perubahan butuh waktu, tenaga dan pengorbanan kita.
Kalau kita melihat, apakah kita sudah melakukan perubahan dalam kehidupan kita? Kalau kita tidak melakukan perubahan, kenapa kita mengharapkan sebuah perubahan pada hasil kerja kita. Tentu saja tidak.
Kalau kita melakukan suatu hal yang berturut-turut dengan cara yang sama, maka secara umum yang kita hasilkan adalah sama dibandingkan dengan saat lalu. Lalu, apa yang membutuhkan perubahan? Ada dua hal. Pertama, sikap hidup kita. Apakah sikap hidup kita sudah berubah? Apakah kita masih memandang segalanya sudah berubah ataukah masih sama seperti lima atau sepuluh tahun yang lalu?
Kedua, cara kerja kita. Apakah cara kerja kita sudah berubah? Apakah kita sudah menggunakan teknologi yang lebih baru? Apakah kita sudah menggunakan kapabilitas dari karyawan-karyawan kita? Ataukah kita masih mempunyai sikap bahwa dulu orang tua saya kaya dengan cara sempoa dan kertas yang dicorat-coret. Buat apa saya pakai komputer? Sudahkah kita berubah dan melihat perubahan yang sudah seperti ini. Kalau kita selalu melakukan goal setting untuk menentukan tujuan nantinya akan seperti apa, maka sekarang sudah waktunya untuk berubah menjadi goal getting atau pencapaian tujuan. Bukan hanya men-set tetapi bagaimana meraih  tujuan itu.
Pertanyaan kunci yang saya ajukan adalan when was the last time you did something for the first time? Kapan saat terakhir Anda melakukan sesuatu yang baru, yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya? Kalau Anda sering melakukan perubahan dan sering melakukan sesuatu yang baru dalam kehidupan ini, maka mungkin Anda sudah berada pada the right track atau jalur yang benar dalam menghadapi kehidupan ini.
Perubahan telah terjadi setiap saat, setiap jam, detik dan kita selalu melakukan hal-hal yang sama dengan waktu sebelumnya. Kalau kita mau maju maka kita juga harus mau berubah. Berubah memang tidak gampang, tetapi kita harus mulai dari diri kita sendiri. Merubah sikap, cara hidup, dan cara kerja. Pertanyaannya adalah, kapan Anda akan melakukan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya?
Mungkin minggu lalu, satu tahun lalu, sepuluh tahun lalu. Saya hanya berharap setelah ini Anda siap untuk melakukan perubahan, melakukan sesuatu yang baru dalam kehidupan Anda untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Tidak sekedar goal setting atau menentukan tujuan tetapi
selalu goal getting atau meraih tujuan. Demikian business wisdom hari ini. Semoga makna perubahan bisa membuat Anda benar-benar berubah ke arah yang lebih baik. Sukses untuk bisnis dan karir Anda. (*)