Cukup sulit menjadi seorang pemimpin yang
baik. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menjadi pemimpin yang baik. Ada
tujuh hal penting dan sangat mendasar yang harus dilakukan oleh seorang
pemimpin yang baik agar sukses menjalami pekerjaannya. Apa saja ketujuh hal
penting tersebut?
Pertama, dia harus tahu orang-orangnya dan
bisnis yang dia lakukan. Dia harus jelas sekali apa yang mampu dan tidak mampu
dilakukan oleh team-nya. Siapa yang mampu melakukan hal tertentu, sehingga dia
dapat melakukan penugasan yang tepat dan baik. Dia juga harus
tahu bisnisnya inside-out serta seluruh
hal yang berkaitan dengan bisnisnya. Dia harus menjadi orang yang paling tahu
di dalam perusahaannya tentang bisnis yang dia jalankan.
Kedua, dia harus menjadi orang yang realistis.
Dia tidak bisa bermimpi untuk hal-hal yang terlalu besar atau mengharapkan
sesutau yang terlalu hebat, tetapi tidak mau mengerjakan itu satu demi satu.
Kita harus realistis. Kalau kita tidak bekerja dengan keras, maka tidak ada
hasil yang baik. Kalau kita tidak berusaha dengan hebat, maka kita tidak akan
mencapai pada titik tujuan. Jadi, pemimpin yang baik adalah harus mempunyai
sikap yang realistis terhadap expectation yang dia hadapi.
Ketiga, dia harus mempunyai goal atau priority
dalam menjalankan tugas-tugasnya. Goal dan priority adalah dua hal yang sangat
penting sekali. Kalau kita bisa menge-set goal yang tepat, baik dan tidak
muluk-muluk, tetapi juga optimistic, itu adalah hal yang sangat penting dalam
mencapai tujuan.
Keempat, dia harus mengikuti tindakan dari
bawahannya atau follow through. Ini adalah bentuk sikap seorang pemimpin yang
mampu ikut melihat hasil pekerjaan karyawannya. Hal tersebut adalah sebagian
kunci dari delegation. Kalau kita mendelegasikan sebuah tugas, tetapi kita
tidak mengawasi sampai tugas itu dijalankan dengan benar, maka hasil pekerjaan
tersebut sering berbeda dengan harapan. Kalau kita tidak mengikutinya dengan
baik satu demi satu, maka kita tidak akan tahu hasilnya.
Kelima, dia bisa menghargai pada mereka yang
berhasil. Bisa memberikan reward yang tepat sekaligus bisa dan mau untuk
memberikan penghargaan yang secukupnya kepada karyawan-karyawannya yang telah
berjasa dengan baik.
Mulai dari cara kita berbicara,
berterimakasih, memberikan hadiah-hadiah non-financial, maupun financial. Kita
harus memberikan reward the doer. Sebab kalau kita melakukan rewarding maka mereka
akan mempunyai behaviour yang sesuai dengan harapan kita. Kalau tidak, mereka
akan berhenti melakukan hal-hal baik yang kita harapkan.
Keenam, mampu dan mau mengembangkan kemampuan karyawannya.
Saya kira setiap orang mempunyai potensi yang besar untuk berkembang. Juga
mempunyai kemampuan yang luar biasa yang tidak dipakai atau mempunyai
kebisaaan-kebisaaan yang baik yang jarang dieksploitir di dalam perusahaan.
Kalau kita mau mengembangkan kemampuan setiap karyawan kita, maka perusahaan
kitalah yang terakhir memetik hasilnya. Karena setiap
karyawan kita akan mengembangkan dirinya pada kemampuan yang paling maksimal
yang dia miliki.
Ketujuh, kita harus tahu tentang diri kita.
Apa kelebihan dan kelemahan kita. Kita harus memperkuat kelebihan dan kemampuan
kita untuk lebih maju lagi. Tetapi di sisi lain kita juga harus mampu
mengurangi atau memberikan alternatif-alternatif lain terhadap kelemahan-kelemahan
yang ada pada diri kita. Mencari orang yang lebih pandai pada sisi kelemahan
kita, dan mengurang lubang-lubang yang ada pada diri kita. Kita harus tahu apa
tujuan kita. Maka itulah tujuh langkah yang penting untuk menjadi seorang
pemimpin yang baik. Semoga ketujuh hal penting dan mendasar dalam business
wisdom hari ini akan mampu mengilhami Anda untuk menjadi seorang pemimpin yang
baik. (opi)