Ini Dia 5 Kesalahan Diet


Ketika mencoba menurunkan berat badan (BB), sepertinya itu adalah hal yang paling sulit dilakukan. Tentunya, penurunan BB bukanlah perjalanan yang mudah. Anda harus bekerja sangat keras untuk mencapai tujuan BB sesuai keinginan. Dari berolahraga di gym selama berjam-jam hingga mengurangi kalori yang masuk ke tubuh. Meskipun sudah bekerja sangat keras, ternyata hasilnya masih sia-sia. BB tetap tak mau turun. Anda bingung? Itu sudah pasti. Lantas, bagaimana hal itu bisa terjadi?
Alasannya sederhana, Anda mungkin membuat beberapa kesalahan. Terlepas dari kesalahan gaya hidup, kesalahan diet bisa menjadi penyebab utama mengapa Anda tidak kehilangan BB. Kesalahan diet dapat menghambat metabolisme, membuat perjalanan penurunan BB lebih sulit!
Dilansir dari laman The Health Times, Jumat (18/1), di artikel ini, kami akan memberi tahu kesalahan diet paling umum yang dilakukan semua orang saat mencoba menurunkan BB. Bahkan, bisa jadi kesalahan diet tersebut justru membuat BB Anda membengkak. Apa saja kesalahan itu?

1. Tidak menjaga asupan kalori harian
Ketika mencoba menurunkan BB, kesalahan paling umum yang Anda lakukan adalah mengambil terlalu banyak kalori atau sangat sedikit kalori, yang keduanya tidak membantu. Tentunya, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi setiap hari. Tetapi jika Anda makan sangat sedikit, itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Jadi, selalu disarankan mengontrol ukuran porsi Anda untuk menurunkan BB dengan cepat dan mudah. Tetapi, ingat minimum 1.000 kalori per hari masuk ke tubuh Anda.

2. Tidak memiliki cukup protein
Protein dapat membantu menurunkan BB. Jadi, jika Anda tidak memiliki cukup protein, menurunkan BB bisa lebih sulit dilakukan. Protein meningkatkan tingkat metabolisme yang membantu mengurangi nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam. Dan sebagai hasilnya, Anda akan berhenti makan berlebihan dan itu bisa menurunkan BB.

3. Sarapan yang salah
Sarapan adalah makanan yang paling penting bila dibandingkan makan siang atau dinner. Jadi, penting memiliki makanan yang tepat untuk makanan pertama Anda. Sarapan adalah tenaga untuk memulai hari Anda yang membutuhkan banyak energi. Pasangkan makanan yang mengandung karbohidrat dengan protein untuk menurunkan BB lebih cepat!

4. Tidak minum cukup air
Hidrasi yang tepat adalah kunci untuk kesehatan yang baik, ditambah juga membantu dalam penurunan BB. Jika Anda makan dengan benar dan minum banyak air, perjalanan penurunan BBb menjadi lebih mudah. Air mengandung nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, minumlah setidaknya 3 liter air setiap hari.


5. Makan berlebihan di hari khusus
Ketika menjalani diet, bisa jadi Anda menyelipkan waktu satu hari untuk membebaskan diri boleh makan apa saja. Pada hari-hari itu, Anda dapat makan apa pun yang Anda inginkan. Tetapi pastikan tidak makan terlalu banyak sehingga Anda tidak merasa bersalah di masa mendatang. (*)