6 Makanan Yang Bisa Mengubah Kesehatan Rambut


Ragam produk perawatan rambut sangat banyak. Kita tinggal pilih yang sesuai jenis rambut dan rupiah yang dipunya. Apapun mereknya, untuk memperkuat hasilnya, penting sekali melakukan perubahan pola makan. Saran para ahli, salah satu caranya bisa dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut secara signifikan.
Dikutip dari laman The Statesman, Kamis (31/1), Arvind Poswal, ahli rambut dan bedah transplantasi rambut, Klinik Dr. A, dan Karan Gupta, direktur dan ahli perawatan pria, Qraa Men, India, telah memberikan beberapa tips tentang makanan yang dapat meningkatkan kesehatan rambut. Apa saja?

1. Telur
Rambut sangat membutuhkan protein. Jadi, sangat penting bagi kita untuk selalu mengkonsumsi jumlah protein yang cukup untuk memastikan regenerasi rambut yang  baik. Telur adalah sumber protein terkaya dan tinggi biotin. Kebaikan yang ada di telur mencegah kerontokan rambut sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Wortel
Musim dingin ini mengharuskan kita untuk mengkonsumsi banyak wortel. Wortel membantu kulit kepala dalam memproduksi minyak sebum alami, karena minyak ini menjaga akar tetap sehat. Tidak hanya itu, wortel diperkaya dengan vitamin A yang mencegah kusamnya helai rambut dan kekeringan pada kulit kepala. Vitamin bisa membantu mengatasi penipisan rambut secara nyata. Kulit kepala yang lembab membuat rambut lebih kuat dan sehat. Karena itu, minumlah jus wortel untuk memberi nutrisi tambahan pada rambut dan kulit kepala.

3. Kenari
Kenari adalah penghasil asam lemak omega-3 dan vitamin E yang mencegah rambut dari efek menyengat matahari. Coba dan masukkan kacang-kacangan ke dalam makanan untuk memastikan bahwa rambut Anda dilindungi biotin. Biotin membantu pertumbuhan rambut dan mineral tembaga untuk warna rambut alami.

4. Yoghurt yunani
Yoghurt yunani mengandung vitamin B5 yang membantu aliran darah ke kulit kepala sambil meningkatkan pertumbuhan rambut. Mulailah hari Anda dengan yogurt yunani. Sesendok yogurt yunani dapat membantu meningkatkan elastisitas rambut.

5. Jeruk
Sangat penting untuk mengakomodasi buah jeruk dalam makanan Anda. Buah ini akan membantu Anda dalam mengucapkan selamat tinggal pada rambut pecah dengan kehadiran vitamin C. Jeruk juga meningkatkan produksi kolagen yang memperkuat kapiler yang memasok darah ke folikel rambut. Termasuk jenis ini adalah kiwi, stroberi, blueberry, jambu biji dan jeruk keprok yang harus dimasukkan untuk diet seimbang.

6. Sayuran berdaun hijau
Kekurangan zat besi dalam tubuh melumpuhkan oksigen dan nutrisi yang diangkut ke folikel rambut, yang akhirnya menahan akar rambut untuk pertumbuhan yang  baik. Sayuran hijau yang tinggi zat besi ini juga menambah kilau pada rambut. (*)