10 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan


Kedelai adalah satu-satunya jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak asam lemak omega-3. Kedelai merupakan sumber protein dan lemak tak jenuh ganda yang tinggi. Kedelai dikonsumsi dalam berbagai cara, dipanggang, ditumis atau direbus. Bahkan, kedelai sering digunakan sebagai pengganti daging. Terutama untuk vegetarian.
Kedelai diolah menjadi susu, tahu, tempe, protein kedelai dan minyak. Beberapa produk kedelai yang populer adalah kacang hijau lembut, tahu, tempe, susu kedelai, yogurt kedelai, keju kedelai, tepung kedelai, sup kedelai, kacang kedelai, dan keripik kedelai.
Dilansir dari laman The Statesman, Selasa (28/1), mengonsumsi kedelai sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani diet. Berikut beberapa manfaat kedelai bagi diet Anda:

1. Melindungi dari penyakit kardiovaskular
Kedelai kaya akan asam lemak omega-3 yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit kardiovaskular. Juga tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dengan nol kolesterol. Lemak jenis ini mampu mencegah transportasi kolesterol dalam aliran darah yang mengarah ke konsentrasi LDL yang lebih rendah dan peningkatan tingkat HDL.

2.Memperkuat tulang dan gigi
Kandungan phytoestrogen dalam produk kedelai membantu tubuh menyerap kalsium dan dengan demikian mencegah hilangnya massa tulang. Ini juga membantu memperkuat gigi. Konsumsi secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dan radang sendi.

3.Membantu penurunan BB
Produk kedelai mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat mencegah penyerapan lemak oleh usus yang membantu penurunan berat badan. Kedelai juga membuat kenyang lebih lama sehingga makan lebih sedikit di siang hari.

4.Baik untuk kesehatan telinga
Karena kaya akan zat besi dan seng, kedelai melembutkan sel darah merah dan memperluas kapiler yang bisa merangsang pasokan darah ke telinga. Dengan demikian dapat mencegah gangguan pendengaran.

5.Memerangi gangguan pascamenopause
Selama menopause, tiba-tiba ada penurunan produksi estrogen dalam tubuh wanita. Ini dapat menyebabkan obesitas, diabetes, penyakit jantung, depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan berbagai gangguan psikologis. Produk kedelai mengandung fitoestrogen, konten yang merupakan pengganti ampuh untuk estrogen. ·

6.Membantu memerangi penyakit Alzheimer
Produk kedelai mengandung lesitin dan pitosterol. Keduanya adalah nutrisi penting bagi otak. Dengan demikian dapat membantu memerangi penyakit Alzheimer. ·

8.Dipenuhi dengan asam fitat
Dipenuhi dengan asam fitat yang bertindak sebagai antioksidan, produk kedelai dapat membantu mencegah banyak penyakit seperti diabetes, peradangan, tumor dan beberapa kanker. Menjadi kaya lemak tak jenuh ganda, kedelai dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan masalah lain yang berkaitan dengan metabolisme insulin dan gula darah.

9. Membuat kulit muda dan bercahaya
Produk kedelai mengandung vitamin E yang membantu memperbarui sel kulit mati dan membentuk sel kulit baru. Fitoestrogen dalam kedelai membantu menghasilkan lebih banyak estrogen dalam tubuh untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus. Dengan demikian dapat membantu Anda terlihat muda dan bercahaya dengan mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat. Selain memasukkan kedelai dalam diet, Anda juga bisa mengoleskan paket kedelai pada wajah dan leher untuk melembabkan kulit dari dalam dan menuai manfaat kulit lainnya.

10. Rambut sehat dengan kilau luar biasa
Mengkonsumsi produk kedelai secara teratur dapat memperkuat dan mengurangi kerontokan rambut. Ini juga membantu membuat rambut panjang, halus dan berkilau. Anda juga bisa mengoleskan bungkil kedelai di kulit kepala untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan rambut Anda dalam beberapa minggu. (opi)