YouTube Mengecewakan Jutaan Orang


Jutaan orang pada Rabu pagi (17/10), menyampaikan kekecewaannya pada YouTube. Pasalnya, layanan jejaring sosial berbagi video itu sama sekali tak bisa diakses. Kejadian itu mulai muncul sekitar pukul 08.00 WIB. Padahal, sebelum-sebelumnya kabar mengenai mandegnya YouTube nyaris tak pernah didengar. Layanannya selalu mulus-mulus saja ketika diakses, baik lewat desktop maupun aplikasi mobile.
Kekecewaan itu disampaikan ‘fans’ maupun pengguna YouTube di berbagai media sosial. Mulai Twitter, Facebook, hingga Instagram. Bahkan ada yang menjadikannya profile picture (PP) di WhatsApp (WA) hingga membuat meme kocak yang bikin ketawa ngakak.
Saking banyaknya yang  peduli dengan ‘mati surinya’ YouTube itu, sampai muncul tagar #YouTubeDOWN.  “Kowah kowoh hari ini #YouTubeDOWN,” curhat akun Twitter @FardikaAkbar.
Sejak sekitar pukul 08.00 WIB, tampilan situs YouTube menunjukkan informasi bahwa ada gangguan pada server internal perusahaan. “500 Internal Server Error. Sorry something went wrong,” tulis YouTube di laman utamanya.
Meski demikian, YouTube tetap menampilkan koleksi video di laman utamanya. Hanya saja, saat meng-klik salah satu videonya, tak bisa diputar. Saat membuka salah satu video, YouTube akan memberikan informasi bahwa ada sesuatu yang salah. “An error occured. Please try again later.”
Di Twitter, cuitan mengenai YouTube ini sempat menjadi trending topic. Hingga berita ini diturunkan, sudah ada sekitar 369 ribu cuitan mengenai .
Laporan soal gangguan YouTube itu berasal dari pengguna internet di seluruh dunia. Tak hanya Indonesia, tapi juga dari Amerika Serikat, Australia, hingga negara-negara di Eropa.
Beruntung kejadian ‘mati surinya’ YouTube itu tidak berlangsung lama. Sekitar pukul 09.30, YouTube pun sudah bisa diakses lagi. Para netizen yang sudah satu setengah jam lebih ngempet tak YouTube-an akhirnya bisa bersuka cita. “Baru mau dipanggilin Ambulan eh udah siuman #YouTubeDOWN,” kicau akun @akadusyifa sambil menyertakan foto ambulance sedang parkir.
YouTube sendiri tidak memberikan keterangan resmi mengapa tak bisa diakses selama satu setengah jam lebih. Hanya saja lewat akun Twitternya, @YouTube, mereka menuliskan, “Thanks for your reports about YouTube, YouTube TV and YouTube Music access issues. We're working on resolving this and will let you know once fixed. We apologize for any inconvenience this may cause and will keep you updated.” (opi)