Empat Bahaya Medsos Bagi Hubungan Anda



Media sosial (medsos) telah menjadi makanan pokok bagi banyak orang. Tak hanya mereka yang masih muda, namun orang-orang yang sudah berumur pun banyak yang mengalami ketergantungan terhadap medsos.
Setiap hari mereka terhubung satu sama lain melalui medsos. Bisa jadi hampir 24 jam selalu terhubung, karena aktivitas online. Anda sering mengetahui tentang pertunangan teman di Facebook atau mungkin melihat seseorang menikah melalui pos Instagram. Namun, Anda harus ingat bahwa medsosl juga dapat memainkan peran potensial dalam merusak hubungan Anda dxengan pasangan.
The Health Site, Kamis (18/10), menyebut ada empat cara medsos bisa merfusak hubungan Anda dengan pasangan. Apa saja?

1. Komunikasi langsung bisa hilang
Jika Anda selalu terhubung secara online, hubungan langsung antara Anda dan orang penting Anda mungkin hilang. Bisa jadi Anda dengan si dia justru sibuk memeriksa postingan masing-masing di medsos, ketika Anda berdua seharusnya menghabiskan waktu bersama.

2. Online Public Displays of Affection (PDA)
Cara menunjukkan kasih sayang itu berbeda-beda pada setiap orang. Salah satunya tergantung pada budaya negaranya.  Tren terbaru menunjukkan bahwa medsos telah menciptakan banyak masalah dalam banyak hubungan. Meskipun Anda mungkin menyukai PDA, pasangan Anda mungkin tidak suka memposting setiap momen pribadi yang Anda habiskan bersama secara online. Ini menciptakan cukup banyak konflik dan ketegangan dalam suatu hubungan. Tidak hanya itu, hal yang sama juga bisa menyebabkan kecemburuan di antara mereka yang menderita melihat pasangan lain memposting online keintiman mereka.

3. Detektif medsos
Para ahli mengatakan bahwa tanpa medsos, hubungan sebelumnya jauh lebih mudah. Anda mungkin tidak merasa sangat nyaman memiliki pasangan saat ini, karena momen-momen pribadi yang Anda habiskan bersama mantan ada di medsos. Bahkan, kadang-kadang bisa menyakitkan bagi pasangan Anda saat ini dan untuk Anda sendiri. Soal cemburu, misalnya. Karena cemburu pada masa lalu mantan, akhirnya Anda menjadi kepo. Sampai-sampai Anda menjadi detektif medsos.  

4. Pribadi  versus umum
 Tidak selalu Anda dan pasangan berada pada gelombang yang sama, ketika menyangkut seberapa banyak publik yang mereka inginkan untuk kehidupan cinta. Ini juga menciptakan konflik dan kesalahpahaman mengenai posting beberapa momen di medsos. Tepatnya ketika salah satu dari Anda ingin, sementara psangan Anda menolak untuk mengumbar aktivitas bersama di medsos. Yang satu kekeh bahwa sebuah hubungan adalah privasi, sementara yang lainnya ingin ‘pamer’ hubungan tersebut. (opi)