Ini Dia Posisi Tidur Anmti Ngiler


Jika kita tidur malam maka fungsi tubuh akan berhenti sementara untuk diistirahatkan. Kecuali kerja jantung, paru-paru, dan otak. Air liur diproduksi oleh kelenjar liur yang dikendalikan otak. Otak terus bekerja bahkan selama Anda bermimpi, maka mulut akan terus-terusan memproduksi air liur. Akibatnya, liur akan menggenang di dalam mulut.
Dalam keadaan sadar, otot wajah, lidah, dan otot rahang, akan bekerja untuk menjaga agar liur tidak merembes keluar dari mulut atau menelan kelebihan liur kembali ke dalam perut. Namun karena semua otot-otot tubuh akan melemas sepanjang malam, kemampuannya untuk menjaga air liur tetap dalam mulut akan berkurang. Ditambah lagi, tidur dalam posisi miring atau suka berubah-ubah memudahkan mulut untuk terbuka, sehingga air liur bisa mengalir keluar lebih mudah.
Selain itu, penyebab ngiler saat tidur juga sering dialami orang yang sedang pilek, flu, alergi, atau infeksi sinusnya kambuh. Gangguan pernapasan ini membuat hidung tersumbat, sehingga mereka secara tidak sadar jadi harus bernapas lewat mulut yang terbuka. Bahkan selama tidur.
Lalu, bagaimana cara menghilangkan ngiler saat tidur? Meski pada umumnya wajar, ngiler saat tidur bisa bikin malu hati ketika tertangkap basah oleh teman tidur. Belum lagi jejak liur yang mengering di pipi bisa menghiasi pagi Anda. Nah, ini dia posisi tidur yang bisa menahan air liur kita tidak keluar.
Jika Anda selama ini suka tidur menyamping atau tengkurap, kini waktunya coba mengubah posisi tidur favorit Anda tersebut. Coba biasakan tidur telentang dengan menyisipkan guling atau bantal tebal di kedua sisi tubuh, dan di bawah lutut agar Anda tidak berguling pindah posisi di tengah malam.
Cari juga bantal tidur yang tidak terlalu keras atau terlalu tinggi. Leher tidak harus mendongak atau justru terkulai menunduk selama tidur, cukup disangga sehingga kepala tetap sejajar dengan punggung atas dan tulang belakang.
Posisi tubuh ini bisa menampung air liur di tenggorokan dan gaya gravitasi membantu mencegah air liur keluar merembes dari mulut.
Oh ya, juga disarankan sebelum tidur untuk mengurangi makanan yang terlalu manis atau bergula. Dilansir dalam laman Verywell, banyak makan makanan manis bisa merangsang produksi air liur. Semakin banyak gula yang Anda makan, semakin banyak liur yang diproduksi dalam mulut. (one/opi)