Tidak Fokus Membuat Tidak Ahli


Mitra bisnis, business wisdom hari ini akan mencoba menelaah tiga kata kunci untuk sukses. Ketiga kata kunci itu adalah fokus, disiplin, dan action. Kata kunci yang pertama adalah fokus. Kita sering bekerja dan melaksanakan sesuatu, tetapi tidak fokus dengan apa yang kita kerjakan. Kita tidak mempunyai ketajaman dalam mengerjakan sesuatu. Kita hanya menjadi orang general atau umum yang bisa melakukan apa saja. Tidak fokus membuat kita tidak ahli. Kalau kita tidak menjadi ahli, kita tidak akan bisa menjadi luar biasa dalam satu bidang. Sehingga kita tidak bisa menjadi yang terbaik dalam bidang itu. Jadi, kalau kita ingin sukses harus fokus. Entah itu di bidang A, B, atau C yang penting adalah kita harus fokus dengan benar terhadap apa yang kita kerjakan. Sehingga dapat kita lakukan dengan lebih baik dan luar biasa bila bandingkan dengan siapa pun teman-teman di luar Anda.
Kata kedua adalah disiplin. Kata-kata ini sering gugur di antara teman-teman kita. Yang sebenarnya dia pandai tetapi tidak mempunyai kedisiplinan untuk mau merapikan dirinya, mengatur kebiasaan dirinya sehingga dia bisa jauh lebih baik dan lebih luar biasa terhadap apa yang dia lakukan. Disiplin adalah sebuah kebiasaan dan sebuah habit forming atau kebiasaan yang terbentuk. Kalau telah membiasakan diri terhadap apa yang kita lakukan, maka kita akan menjadi orang yang lebih baik.
Kata kunci yang ketiga adalah action. Sering kita melihat orang yang mempunyai keinginan untuk melakukan sesuatu, bercita-cita melakukan sesuatu, mempunyai ambisi untuk melakukan sesuatu tetapi dia tidak mau mengerjakan itu. Dia tidak mau benar-benar menghabiskan waktunya untuk bekerja, memulai dengan baik. Kita sering menunda terhadap apa yang akan kita lakukan. Padahal sukses tidak bisa ditunda.
Kalau kita ingin  sukses, maka tiga hal tersebut harus kita lakukan. Dari ketiga hal itu yang paling penting adalah kita harus mempunyai action. Tidak sekedar berbicara saja, tetapi betul-betul mau mengeluarkan energi untuk melakukan tindakan demi tindakan.
Kita tidak bisa hidup dari ambisi, keinginan, harapan, dan mimpi. Mimpi adalah awal dari segalanya. Tetapi tanpa adanya sebuah fokus, disiplin dan action yang berkesinambungan, maka semuanya itu adalah sesuatu hal yang mustahil. Kalau kita ingin sukses, maka kita harus mau mulai dari saat ini dengan memfokuskan diri tentang apa yang akan kita sampaikan dan capai. Kita juga harus mau mempunyai disiplin, kebiasaan-kebiasaan yang membentuk kesuksesan itu. Terakhir adalah selalu mau melakukan action demi action setiap langkah menuju kesuksesan yang ingin kita capai. Demikian business wisdom hari ini. Semoga bermanfaat bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda. (*/1)