7 Kunci Sukses


Cukup sulit menjadi seorang pemimpin yang baik. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menjadi pemimpin yang baik. Ada tujuh hal penting dan sangat mendasar yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin yang baik agar sukses menjalami pekerjannya. Apa saja ketujuh hal penting tersebut?
Pertama, dia harus tahu orang-orangnya dan bisnis yang dia lakukan. Dia harus jelas sekali apa yang mampu dan tidak mampu dilakukan oleh team-nya. Siapa yang mampu melakukan hal tertentu, sehingga dia dapat melakukan penugasan yang tepat dan baik. Dia juga harus tahu bisnisnya inside-out, serta seluruh hal yang berkaitan dengan bisnisnya. Dia harus menjadi orang yang paling tahu di dalam perusahaannya tentang bisnis yang dia jalankan.
Kedua, dia harus menjadi orang yang realistis. Dia tidak bisa bermimpi untuk hal-hal yang terlalu besar atau mengharapkan sesutau yang terlalu hebat, tetapi tidak mau mengerjakan itu satu demi satu. Kita harus realistis. Kalau kita tidak bekerja dengan keras, maka tidak ada hasil yang baik. Kalau kita tidak berusaha dengan hebat, maka kita tidak akan mencapai pada titik tujuan. Jadi, pemimpin yang baik adalah harus mempunyai sikap yang realistis terhadap expectation yang dia hadapi.
Ketiga, dia harus mempunyai goal atau priority dalam menjalankan tugas-tugasnya. Goal dan priority adalah dua hal yang sangat penting sekali. Kalau kita bisa menge-set goal yang tepat, baik dan tidak muluk-muluk, tetapi juga optimistik, itu adalah hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan.
Keempat, dia harus mengikuti tindakan dari bawahannya atau follow through. Ini adalah bentuk sikap seorang pemimpin yang mampu ikut melihat hasil pekerjaan karyawannya. Hal tersebut adalah sebagian kunci dari delegation. Kalau kita mendelegasikan sebuah tugas, tetapi kita tidak mengawasi sampai tugas itu dijalankan dengan benar, maka hasil pekerjaan tersebut sering berbeda dengan harapan. Kalau kita tidak mengikutinya dengan baik satu demi satu, maka kita tidak akan tahu hasilnya.
Kelima, dia bisa menghargai pada mereka yang berhasil. Bisa memberikan reward yang tepat sekaligus bisa dan mau untuk memberikan penghargaan yang secukupnya kepada karyawan-karyawannya yang telah berjasa dengan baik. Mulai dari cara kita berbicara, berterimakasih, memberikan hadiah-hadiah non-financial, maupun financial. Kita harus memberikan reward the doer. Sebab, kalau kita melakukan rewarding maka mereka akan mempunyai behavior yang sesuai dengan harapan kita. Kalau tidak, mereka akan berhenti melakukan hal-hal baik yang kita harapkan.
Keenam, mampu dan mau mengembangkan kemampuan karyawannya. Saya kira setiap orang mempunyai potensi yang besar untuk berkembang. Juga mempunyai kemampuan yang luar biasa yang tidak dipakai atau mempunyai kebisaaan-kebisaaan yang baik yang jarang dieksploitir di dalam perusahaan. Kalau kita mau mengembangkan kemampuan setiap karyawan kita, maka perusahaan kitalah yang terakhir memetik hasilnya. Karena setiap karyawan kita akan mengembangkan dirinya pada kemampuan yang paling maksimal yang dia miliki.
Ketujuh, kita harus tahu tentang diri kita. Apa kelebihan dan kelemahan kita. Kita harus memperkuat kelebihan dan kemampuan kita untuk lebih maju lagi. Tetapi di sisi lain kita juga harus mampu mengurangi atau memberikan alternatif-alternatif lain terhadap kelemahan-kelemahan yang ada pada diri kita. Mencari orang yang lebih pandai pada sisi kelemahan kita, dan mengurangi lubang-lubang yang ada pada diri kita. Kita harus tahu apa tujuan kita.
Maka itulah tujuh langkah yang penting untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Semoga ketujuh hal penting dan mendasar dalambusiness wisdom hari ini akan mampu mengilhami Anda untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. (*/5)