Frozen II: Elsa Punya Kekuatan Lain


Penikmat film animasi Frozen sudah mempertanyakan kelanjutan film tersebut sejak tahun lalu. Padahal, sebenarnya Frozen 2 sudah mulai digarap di 2016. Hanya saja, Disney benar-benar pandai menyimpan rapat proyek film besarnya itu. 
Nah, karena tak betah Disney akhirnya memberi petunjuk mengenai plot cerita Frozen 2. Dilansir dari laman CBR.com, dalam sinopsis resmi yang dipublikasikan Disney, Frozen 2 akan mengulik tentang asal-usul kekuatan Elsa. Mengapa Elsa lahir dengan kekuatan magis? Jawaban atas hal ini memanggilnya dan mengancam kerajaannya. Bersama Anna, Kristoff, Olaf dan Sven, ia menempuh perjalan yang berbahaya sekaligus hebat.

Tak hanya itu, dalam sinopsis ini disebut pula perbedaan antara film perdana dengan Frozen 2. Di Frozen 1, Elsa takut kekuatannya tak bisa diterima dunia. Di Frozen 2, dia berharap kekuatannya cukup untuk menyelamatkan dunia.

Selain sinopsis, Disney sebelumnya juga merilis poster baru Frozen 2 di Instagram resmi film ini. Dalam poster tersebut, Anna dan Elsa tampak berdiri di sebuah hutan berkabut. Wajah keduanya juga tampak serius.

Sebelumnya, teaser trailer Frozen 2 yang dirilis pada Februari lalu, mencetak sejarah di dunia perfilman. Video promosi ini ditonton sebanyak 116,4 juta kali di hari perilisannya, memecahkan rekor trailer animasi yang paling banyak ditonton sepanjang masa. Kalau Frozen 1 bercerita tentang bagaimana Elsa mendapatkan kekuatannya, maka di film kedua ini ada yang beda dan jauh lebih dahsyat. Elsa ternyata punya kekuatan lain.

Dalam trailer-nya, kita melihat sosok Anna dan Elsa ketika masih anak-anak. Keduanya sedang mendengarkan sebuah dongeng tentang hutan ajaib penuh sihir yang diceritakan oleh ayah mereka. Dahulu kala hutan ajaib itu menyenangkan hingga suatu ketika tempat itu terkunci oleh sihir gelap yang membuat manusia tak lagi bisa masuk atau pun keluar dari sana. Adegan kemudian berpindah ketika sesuatu yang buruk menimpa Kerajaan Arendelle yang memaksa semua orang pergi untuk mencari perlindungan.

Tak hanya itu, dalam cuplikan trailer juga menunjukkan Elsa seringkali mendengar suara-suara misterius yang tidak tahu dari mana datangnya. Elsa pun turun tangan untuk menangani segala kejadian yang terjadi. Tindakannya mengantarkan ia ke sebuah tempat jauh di utara yang diduga lokasi hutan ajaib itu berada. Dia bersama dengan Anna, Kristoff dan Olaf berangkat menuju hutan ajaib tersebut dengan penuh rintangan badai, gelombang laut, monster dan kekuatan sihir lain yang mengancam.

Selain untuk menyelamatkan Kerajaan Arendelle dan mencari tahu semua kejanggalan yang terjadi, petualangan ini juga akan menguak asal usul kekuatan yang dimiliki Elsa, demikian sebagaimana ditulis CNN. Frozen 2 disebut berfokus pada kisah petualangan seperti film pertamanya, yang tidak akan membawa kisah romantis untuk karakter Elsa. "Ada begitu banyak film yang mendefinisikan seorang wanita dengan kisah romantisnya. Itu bukan cerita yang ingin kami ceritakan pada saat ini," kata penulis lagu film, Aderson-Lopez, sebagaimana dikutip dari Digital Spy.

Pemeran Anna, Kristen Bell, menyatakan dalam sebuah wawancara bersama Independent, sekuel ini tidak seperti biasanya, tetapi lebih kepada kisah yang harus diceritakan. Untuk Frozen pertama, film itu berhasil meraup keuntungan lebih USD 1,27 miliar secara global. Sekuelnya masih akan dibintangi oleh Idina Menzel, Kristen Bell, Jonathan Groff, dan Josh Gad. Adapula kehadiran tokoh baru ,Yelana, yang akan diperankan oleh Martha Plimpton. (*)

Genre          : Animasi, adventure
Sutradara     : Chris Buck, Jennifer Lee
Skenario      : Jennifer Lee, Allison Schroeder
Musik          : Robert Lopez, Kristen Anderson
Produser      : Peter del Vecho
Produksi      : Walt Disney Animation Studios
Distributor   : Walt Disney Studio, Motion Pictures
Rilis            : 22 November 2019
Durasi         : 120 Menit
Rating         : 13+
Bintang       : Kristen Bell, Idina Menzel, Josh Gad, Jonathan Groff, Santino Fontana, Evan Rachel Wood, Alfred Molina, Sterling K. Brown, Martha Plimton, Rachel Mathews, Jason Ritter