Tonsilektomi Bukan Solusi Terbaik Atasi Radang Tenggorokan


Anak-anak hingga remaja rentan sekali menderita radang tenggorokan. Makanan yang dijual secara umum, minim kebersihan, banyak mengandung zat kimia menjadi salah satu penyebabnya. Mencegah mereka untuk tidak menglonsumsinya, juga bukan persoalan yang mudah. Di rumah, bisa jadi buah hati kita bisa dilarang mengkonsumsi makanan-makanan tidak sehat itu. Tapi, jika di luar rumah, misalnya di sekolah atau ketika anak-anak bersama teman-teman mereka, tentu sangat sulit memantau makanan apa yang dikonsumsi.
Klau buah hati kita menderita radang tenggorokan, tentu hal itu menjadi sesuatu yang menyedihkan. Apalagi jika infeksi tersebut terjadi berulang kali, jelas menjadi mimpi buruk bagi orang tua.
Dilansir dari laman The Health Site,  Senin (11/2), ada banyak teori mengapa beberapa anak mengalami radang tenggorokan berulang kali. Ada banyak saran tentang cara mencegahnya. Namun, menurut penelitian terbaru, kejadian berulangnya radang tenggorokan pada anak-anak bisa menjadi sesuatu yang tidak bisa dikendalikan.

1. Genetik 
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri yang bernama Streptococcus (Strep) grup A. Ketika Strep grup A menyerang berulang, hasilnya bisa sangat menyengsarakan. Amandel anak-anak akan terganggu.
Sekarang para peneliti di La Jolla Institute for Immunology (LJI) telah menemukan petunjuk pertama mengapa beberapa anak mungkin sering terkena Strep grup A.
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine pada 6 Februari, para peneliti memeriksa amandel yang diambil secara operasi dari 26 anak-anak antara usia 5 dan 18 tahun. Ke-26 anak tersebut menderita tonsilitis berulang. Mereka juga mengamati amandel dari 39 anak yang amandelnya dilepas karena alasan lain, seperti sleep apnea. Yang mereka temukan adalah bahwa amandel dari anak-anak dengan infeksi berulang, memiliki respons kekebalan yang buruk secara genetik terhadap bakteri Strep grup A.

2. Mengancam jiwa 
Radang tenggorokan merupakan penyakit yang umum diderita anak-anak. Jika dua minggu tanpa pengobatan, radang tenggorokan bisa menyebar ke organ lain, seperti ginjal atau jantung. "Komplikasi serius akibat infeksi radang yang tidak diobati, termasuk demam rematik akut, dapat mempengaruhi kinerja jantung dan menyebabkan kerusakan ginjal," kata dr. Ashanti Woods, dokter anak di Mercy Medical Center di Baltimore, Amerika Serikat.
Tetapi, lanjut Woods, komplikasi serius jarang terjadi, karena sebagian besar anak diobati dengan antibiotik jauh sebelum radang menjadi parah. Penting untuk memperhatikan gejala radang tenggorokan dan segera mencari bantuan medis jika tanda-tanda ditemukan. "Gejalanya meliputi sakit di tenggorokan, demam, dan kantong nanah putih pada amandel yang sangat merah di belakang tenggorokan," lanjut Woods.
Ia menambahkan, mengatakan antibiotik biasanya diminum sekitar 10 hari. Dosis tergantung pasien dan jenis obatnya. Terkadang, antibiotik hanya dapat dikonsumsi selama lima hari.

3. Mengangkat amandel 
Selama bertahun-tahun, tonsilektomi (operasi pengangkatan tonsil atau amandel) dipandang sebagai solusi untuk tonsilitis berulang dari radang. Tetapi obatnya mungkin mengorbankan kesehatan pernapasan. “Lima puluh tahun yang lalu, operasi amandel dilakukan dengan cepat,” ungkap Ron Marino, DO, wakil ketua pediatri di NYU Winthrop Hospital, Amerika Serikat.  “Sekarang seseorang harus mengalami tujuh atau delapan infeksi Strep dalam periode satu hingga dua tahun agar tonsilektomi menjadi pilihan yang layak,” sambungnya.
Dan orang mungkin masih mendapatkan infeksi radang setelah amandel mereka dilepaskan. Bahkan, bisa jadi ada komplikasi juga. "Ini adalah prosedur bedah. Jadi, Anda harus pergi ke rumah sakit. Anestesi terlibat dengan risiko sendiri, dan prosedur itu sendiri dapat menyebabkan perdarahan berlebih, ”ingat Marino.
Penelitian terbaru yang mengamati lebih dari 1 juta anak menemukan kemungkinan ada risiko kesehatan jangka panjang dari menghilangkan amandel atau kelenjar gondok (kelenjar kekebalan di atap mulut). Organ-organ ini memainkan peran penting dalam pengembangan dan fungsi sistem kekebalan tubuh kita.
Menurut penelitian tersebut, tonsilektomi dikaitkan dengan hampir tiga kali lipat risiko jangka panjang penyakit saluran pernapasan atas. Menghapus adenoid dikaitkan dengan risiko hampir dua kali lipat mengembangkan gangguan paru obstruktif kronis di kemudian hari.

4. Mencegah infeksi Strep
Menurut Woods, keadaan sekitar radang tenggorokan berulang biasanya melibatkan kontak dekat dengan orang lain. "Inilah sebabnya mengapa ini sangat lazim di kalangan rumah tangga, sekolah, dan tempat penitipan anak," katanya.
Woods menambahkan, ada langkah-langkah jelas yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko infeksi radang. “Mencuci tangan dengan benar, menutup mulut ketika, bersin, dan tetesan pernapasan lainnya, dan tinggal di rumah saat sakit adalah cara untuk mengurangi radang tenggorokan yang berulang,” katanya.

5. Operasi bukan solusi terbaik
Radang tenggorokan adalah kondisi menyakitkan yang berpotensi mengancam jiwa jika tidak segera diobati. Penelitian telah menemukan bahwa anak-anak yang memiliki banyak infeksi Strep dalam setahun, mungkin memiliki sifat genetik yang menyulitkan mereka untuk melawan infeksi tersebut.
Setelah mengidentifikasi gen yang membuat beberapa orang lebih rentan terhadap infeksi radang dibandingkan yang lain, para peneliti berpikir untuk mengembangkan vaksin yang dapat mencegah infeksi berulang pada populasi ini.
Sementara tonsilektomi adalah salah satu cara untuk mengobati infeksi berulang, itu mungkin bukan solusi terbaik. Selain risiko komplikasi dari operasi, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa prosedur ini dapat meningkatkan risiko penyakit pernapasan jangka panjang. (*)