Hari Ini Path Resmi Tutup



Anda pengguna media sosial berbagi momen Path? Kalau hingga saat ini Anda belum melakukan back-up data, segera kunjungi website resmi Path di www.Path.com. Masih ada waktu beberapa jam untuk ‘menyelamatkan’ status-status, foto maupun video yang sebelumnya sudah Anda unggah di Path. Sebab, 18 Oktober 2018, tepatnya hari ini adalah hari terakhir Path melayani penggunanya. Inilah hari terakhir Path bisa diakses. Setelahnya, Path sudah tak akan bisa Anda temui lagi hingga benar-benar tutup pada 11 November nanti.
Dikutip dari laman resminya, Path sudah mengumumkan jadwal shutdown itu sejak September lalu. Pada 17 September, Path mengumumkan mengenai penghentian layanannya. Lalu, pada 1 Oktober aplikasi Path di iTunes maupun Google Play sudah tak bisa lagi diunduh. Berikutnya, 18 Oktober atau hari ini, Path tak akan bisa lagi diakses. Finalnya, pada 15 November nanti seluruh layanan pelanggan akan ditutup. “Dengan penuh penyesalan kami mengumumkan bahwa kami akan berhenti menyediakan layanan yang kami cintai, Path,” tulis Path halaman depan website resmi mereka.
Path muncul pada 2010 sebagai media sosial berbagi momen. Perusahaan yang bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat itu berkembang sangat cepat karena dinilai memiliki keistimewaan bila dibandingkan Facebook atau Twitter. Salah satunya dengan dibatasinya jumlah pertemanan, sehingga tak semua orang bisa menjalin pertemanan. Akses ke halaman si pemilik akun yang private (hanya bisa dilihat oleh akun yang disetujui si pemilik), juga membuat Path banyak digunakan.
Dalam perjalanan hingga usia mencapai 8 tahun pada tahun ini, Path menyebut telah tertawa dan menangis bersama pengguna. "Dan sekarang tidak terhindarkan lagi bagi kami untuk mengakhiri layanan dan memprioritaskan pekerjaan kami untuk melayani Anda dengan produk dan layanan yang lebih baik," kata Path. (opi)