Mengoptimalkan Physical Action dengan Mood


Mitra bisnis, business wisdom hari ini akan mencoba menunjukkan bahwa physical action dengan mood atau attitude, seringkali berdempetan. Kita bisa memakai salah satu untuk membangkitkan yang lain. Sehingga kalau kita bisa mempengaruhi sisi satunya untuk lebih berguna, maka sisi satunya akan ikut berubah.
Saya akan memberikan contoh orang yang sedang mengantuk. Kalau kita selalu mengantuk, mood-nya malas dan tidak mau bekerja, maka kita akan menyiram muka kita dengan air dingin supaya badan merasa segar. Pada saat badan merasa segar maka kita mempunyai semangat lagi untuk bekerja. Ini adalah korelasi yang normal bahwa physical tubuh dengan mood kita sebetulnya sangat berdempetan.
Kalau sekarang Anda sedang malas, cobalah untuk berpikir tentang hal-hal yang menyenangkan. Maka saya yakin semangat Anda akan tumbuh lagi secara perlahan-lahan untuk mau kembali bekerja. Biasanya kita sering menyarankan orang bagian sales untuk selalu tersenyum ketika bertelepon dengan customer yang ada di seberang.
Lalu, apa gunanya tersenyum kalau customer tidak melihat kita? Secara psikologi ternyata senyum kita akan terbawa dalam suara kita walaupun sedikit. Di seberang akan tahu betul bahwa lawan bicaranya dalam telepon sedang tersenyum. Karena itu, sering saya bilang kepada teman-teman, kalau sedang bertelepon cobalah seolah-olah lawan bicara ada di depan Anda. Gerakkan tangan Anda, berikan semangat, tertawalah untuk membuat kesan, senyum, kalau perlu berpakaianlah dengan rapi.
Pada saat Anda berpakaian rapi dan bicara di telepon, akan berbeda suaranya yang diterima di seberang dibandingkan dengan memakai piyama dan bermalas-malasan. Walaupun sama saja di rumah Anda. Jadi Anda harus tahu bahwa attitude, sikap, mood dengan physical, action, perbuatan, behavior sangat berdempetan. Sehingga kalau kita bisa mempengaruhi sisi satunya untuk lebih berguna, maka sisi satunya akan ikut berubah.
Apa yang didapat dari itu semua? Kalau ingin teman Anda mendengarkan suara Anda yang antusias, maka Anda harus tersenyum dan bersemangat walaupun suaranya saja yang kedengaran. Anda bisa mempengaruhi satu sisi ke sisi lainnya. Kalau Anda ingin lebih bergembira hari ini, cobalah untuk memikirkan hal-hal yang menggembirakan di pagi harinya. Maka mood Anda akan terbawa dalam behavior dan perilaku anda pada hari itu. Sehingga anda bisa menjadi bahagia di hari itu.
Hal ini sangat menarik karena kita harus tahu bahwa tubuh kita, baik dari alam pikiran maupun aktivitas adalah satu. Kalau kita bisa mempengaruhi satu sisinya ke arah yang lebih positif, maka satu sisi lainnya akan terpengaruh ke hal positif pula. (tanadi santoso)