Saingi iPad dengan Tablet Surface


Microsoft dilaporkan akan merilis tablet Surface baru dengan harga murah. Seperti dilansir Softmedia, belum lama ini, produk Microsoft tersebut diharapkan dapat menggantikan posisi iPad.

Microsoft Surface Pro saat ini dijual mulai dari US 799 atau sekitar Rp 11 juta. Sedangkan iPad yang paling terjangkau dibanderol US 329 (Rp 4,6 juta) untuk varian layar berukuran 9,7 inci.
Untuk dapat menyaingi iPad, Microsoft harus bisa menghadirkan perangkat yang lebih baik dengan harga terjangkau. Menurut laporan, ukuran kompetitor iPad ini akan lebih kecil daripada Surface Pro yang ada sekarang.
Ketimbang layar berukuran 12 inci, Surface terbaru akan memiliki layar berukuran 10 inci dengan desain bulat di setiap sudut bodi. Jika benar demikian, tablet Microsoft ini akan memiliki tampilan seperti iPad, tapi dengan kemampuan software yang dinilai akan lebih baik.
Berdasarkan informasi dari sumber, tablet Microsoft  ini akan 20 persen lebih ringan daripada Surface Pro. Tapi dengan kapasitas baterai lebih kecil. Untuk membuat beratnya lebih ringan, Microsoft harus memangkas ukuran baterai.
Raksasa software tersebut dilaporkan akan menjual tablet Surface terbaru dengan harga US 400 (Rp 5,6 juta) pada tahun ini. Tablet Surface termurah sejauh ini adalah versi awal RT yang dirilis pada 2012 dengan harga mulai dari US 499 (Rp 6,9 juta). (uta/opi)