Jangan Selalu Meminta, Lebih Baik Memberi


Mitra bisnis, dalam business wisdom hari ini saya akan menggambarkan bagaimana cara kita memandang hidup. Tidak hanya meminta saja, tetapi juga mencoba untuk selalu memberi. Mengubah persepsi Anda tentang kehidupan. Bahwa kita tidak seharusnya selalu meminta. Tetapi cobalah untuk selalu memberi.
Dalam menjalani hidup ini, kita selalu meminta sesuatu sejak kecil. Mulai dari meminta makan, susu, uang belanja dan sesuatu yang lain. Hal ini terbawa dalam kehidupan kita ketika dewasa. Ketika bekerja kepada orang, kita mulai meminta sesuatu. Misalnya, fasilitas apa yang diberikan dalam pekerjaan ini, liburan macam apa yang nantinya akan diberikan kantor hingga benefit apa yang bisa diterima jika dia sukses bekerja.
Kalau kita selalu memandang sisi kehidupan dari meminta, maka kita akan menjadi orang yang selalu meminta. Kalau kita mau mencoba mengubah pemikiran kita menjadi tidak hanya meminta saja, tetapi memberi dan memberi, maka kita akan bisa jauh lebih sukses dibandingkan kalau kita hanya meminta.
Cobalah berpikir dari sisi memberi. Apa yang bisa kita berikan untuk perusahaan atau orang tua. Kalau saya pulang, tidak sekadar minta uang. Tetapi, apa yang bisa saya berikan untuk orang tua kita. Mungkin saya belum bisa memberikan uang kepada orang tua saya. Tetapi, saya bisa memberikan waktu, kebahagiaan, kebersamaan, waktu yang lebih baik untuk membuat mereka lebih bahagia.
Di dalam pekerjaan pun, kita tidak hanya meminta apa yang akan diberikan bos kepada kita hari ini, pada akhir tahun ini atau pun berapa bonus saya. Tetapi, cobalah untuk berpikir apa yang bisa saya berikan kepada perusahaan untuk lebih profitable. Saya ajarkan kepada teman-teman, saya sharing kepada bawahan.
Maka kita akan mempunyai mindset atau cara berpikir yang tepat. Tidak hanya meminta sesuatu, tetapi memberi dan memberi. Kalau kita sudah terbiasa dan berperilaku dengan acuan memberi, kita akan lebih banyak diberi oleh orang lain dan akan lebih banyak diperhatikan oleh orang lain maupun customer kita.
Cobalah untuk memberi value kepada customer atau bos dan jarang-jaranglah untuk meminta sesuatu. Karena kalau kita memberi kepada mereka, dengan sendirinya kelak secara tidak langsung mereka akan memberikan balasan kepada Anda, mempunyai semangat untuk memberikan sesuatu kepada Anda. Itu saja sudah cupup apalagi pada saat tertentu, Anda bisa meminta sesuatu. Maka mereka akan jauh memperhatikan permintaan Anda. Karena Anda lebih sering memberi daripada meminta. Dalam persahabatan dengan teman atau hubungan bisnis, supplier, customer, keluarga atau pun anak, maka kita perlu berpikir jangan hanya meminta. Tetapi memberi dan memberi. Kalau kita memberi lebih, maka dengan sendirinya mereka akan berbuat baik kepada Anda. Pada akhirnya akan memberikan kesuksesan yang lebih kepada Anda dalam kehidupan keluarga dan bisnis Anda. Sukses untuk bisnis Anda. (*/7)