Ingin Sukses? Lakukan Jutaan Hal


Mitra bisnis, business wisdom hari ini akan bercerita tentang bagaimana memandang persoalan dari sudut pandang yang lebih baik. Yakni melihat sesuatu sebagai hal yang necessary but not suffusions. Banyak hal dalam hidup ini, tetapi itu saja tidaklah cukup.
Kita sering ditanya oleh teman, bahwa kalau ingin sukses itu harus bagaimana. Lalu, apakah itu cukup? Ternyata tidak, meskipun hal itu memang penting tetapi tidak cukup hanya itu saja. It is necessary but not suffusion. Contohnya begini, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik maka Anda harus mampu dream big dreams atau bermimpi hal-hal yang besar.
Tetapi apakah hal itu cukup? It is necessary to have a big dream. Bahwa mempunyai mimpi besar itu penting, tetapi sekali lagi belumlah cukup. Apa lagi yang perlu untuk menjadi seorang pemimpin yang baik?
Pertama, setelah kita mempunyai mimpi-mimpi yang besar. Kedua, kita harus seek opportunity dalam setiap saat maupun kesempatan. Ketiga, kita harus embarrassed risk, yaitu kita harus mau mengambil risiko dalam hidup ini. Karena kita tidak bisa mengambil hasil yang bagus kalau kita tidak berani mengambil risiko. Namun, bila ditanya orang, apakah mengambil risiko itu sudah cukup? Jawabannya adalah NO. Sekali lagi it is necessary but not suffusion. Ini berarti bahwa mengambil risiko itu cukup bahkan mungkin sangat perlu. Tetapi itu saja belumlah cukup.
Untuk menjadi pemimpin yang baik kita harus believe in people atau percaya pada orang-orang atau mempercayai orang lain. Karena sebagai pemimpin, kita tidak mungkin
melakukan semuanya pada diri kita sendiri tanpa mendelegasikannya. Kalau tidak mempercayai orang lain, kita tidak mungkin bisa melakukan semua hal itu. Sekali lagi apakah hal itu cukup? Ternyata masih saja belum cukup karena kita harus mempunyai the right attitude atau sikap yang tepat. Selain itu, kita juga harus mempunyai the life long learning atau tidak pernah berhenti belajar dalam kehidupan ini.
Kalau ingin sukses, kita tidak boleh berhenti untuk belajar. Selanjutnya kita juga harus mau action dalam kehidupan sehari-hari. Maka ada tujuh hal yang saya tawarkan untuk menjadi pemimpin yang baik. Pertama, have a big dream. Kedua, opportunity seeker. Ketiga, embarrassed risk. Keempat, believe in people. Kelima, the right attitude. Keenam, long learning atau senantiasa belajar. Dan ketujuh, melakukan action tanpa henti.
Yang lebih penting adalah bahwa semua itu necessary but not suffusion. Karena untuk menjadi benar-benar sukses masih banyak atau masih ada ribuan bahkan jutaan hal kecil yang harus Anda lakukan dengan benar. Sering kita memberikan sebuah list empat hal yang penting dan perlu dalam kepemimpinan. Semua itu penting utnuk kita ketahui dan jalankan tetapi hal itu saja tidaklah cukup. Mungkin hal itu 80 persen yang harus Anda perhatikan, tetapi di luar hal itu selalu masih ada hal lain yang perlu Anda pelajari, gali dan lakukan lagi. Karena everything is important, its all necessary but not suffusion.
Demikian business wisdom hari ini. Semoga pembahasan singkat ini bisa memberikan masukan bagi suksesnya bisnis Anda.(*/3)