Inilah 6 Cara Menjaga Agar Mata Tetap Sehat



Kesehatan sepasang mata yang kita punya, tidak boleh dianggap remeh. Perlu cinta dan perawatan agar tetap sehat. Dilansir dari laman HelloDokter, Jumat (1/2), berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan mata: 


1.Diet sehat
Kesehatan mata yang baik dimulai dengan diet sehat. Untuk melindungi diri dari kondisi penglihatan yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula dan katarak, Anda perlu asam lemak omega-3, lutein, seng, dan vitamin C dan E. Untuk mendapatkannya, konsumsi sayuran berdaun hijau, minyak ikan, telur, kacang-kacangan, jeruk, dan tiram. Sebab, pola makan yang sehat mencegah obesitas dan diabetes (penyebab utama kebutaan).

2.Tanpa tembakau
Merokok meningkatkan risiko katarak, saraf optik yang rusak, dan degenerasi makula. Namun, sulit untuk berhenti merokok. Kebanyakan orang tidak berhasil pada upaya pertama. Jadi, jangan menyerah. Semakin banyak mencoba, makin banyak peluang keberhasilan yang Anda miliki. Kalau kesulitan, minta bantuan dokter.

3.Kacamata hitam
Tingkat paparan sinar matahari yang tinggi membuat Anda berisiko terkena katarak dan degenerasi makula. Pilih sepasang kacamata dengan warna lensa yang tepat untuk melindungi mata Anda dari sinar UV. Bahkan, jika menggunakan lensa kontak dengan pelindung matahari, Anda masih akan mendapat manfaat dari lapisan kacamata hitam tambahan.

4.Kacamata pelindung
Jika pekerjaan mengharuskan Anda melakukan kontak dengan bahan atau udara yang berbahaya,jangan pernah melewatkan kacamata pelindung. Jika Anda memainkan olahraga berdampak tinggi yang dapat menyebabkan cedera pada mata, kenakan helm dengan masker pelindung untuk melindungi mata.

5.Istirahat dari komputer
Jika sering bekerja dengan komputer, disarankan untuk sering istirahat. Pastikan mengenakan kacamata sebagai pelindung. Anda dapat berbicara dengan dokter tentang jenis kacamata khusus yang digunakan untuk komputer. Mata Anda harus melihat sedikit ke bawah ke layar. Cobalah untuk menghindari cahaya dari lampu. Istirahatkan mata Anda setelah setiap 20 menit dan berjalan kaki 15 menit dari komputer Anda setiap 2 jam. Jika mata Anda kering, cobalah untuk berkedip lebih sering.

6.Kunjungan dokter
Penting untuk mengunjungi dokter mata secara teratur. Pemeriksaan mata diperlukan karena membantu mendeteksi penyakit yang tidak memiliki gejala seperti glaukoma. Diagnosis dan perawatan dini meningkatkan peluang Anda untuk pulih sepenuhnya. (*)