Anggrek di Surabaya Mekar Berjamaah


Kalau Anda penggemar anggrek, inilah waktu yang tepat berkunjung  ke Surabaya. Sebab, anggrek yang ditanam Pemkot Surabaya di sejumlah jalan utama, sedang mekar-mekarnya. Tidak hanya satu atau dua anggrek. Tapi, puluhan anggrek mekar berjamaah. Warnanya beragam. Ada yang putih bersih, putih tulang, ungu muda, hingga ungu tua. Ada juga yang kuning keoranyean. Wow indah sekali. Sedap dipandang mata.
Puluhan anggrek itu bisa dilihat di sejumlah jalan protokol di Kota Pahlawan. Misalnya, di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Yos Sudarso, Jalan Sedap Malam, Jalan Wali Kota Mustajab,  Jalan Gubernur Suryo, Jalan Pemuda, dan Jalan Basuki Rahmad.
Anggrek-anggrek itu ditanam dengan cara ditumpangkan di pohon utama. Tingginya ya sekitar 1-2 meter dari tanah. Nah, ketika mekar, bunga-bunga anggrek itu bergelantungan dengan indahnya. Satu suluran bisa terdiri dari 5-8 bunga atau kuncup yang mulai mekar.
Saya paling suka anggrek yang adi Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Yos Sudarso, Jalan Sedap Malam atau Jalan Wali Kota Mustajab. Tepatnya anggrek yang ditanam melingkari Balai Kota Surabaya, tempat ngantornya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani.
Antara anggrek yang satu dengan yang lainnya ditanam dengan jarak yang tidak begitu jauh. Jaraknya sekitar 1-1,5 meter saja. Sehingga ketika dilihat dari jauh, pemandangan anggrek yang bermekaran itu semakin indah. Warnanya berselang-seling.  Alhasil, anggrek itu pun menjadi sasaran foto selfie maupun wefie orang yang melintas di dekatnya.
Ada berbagai jenis anggrek yang ditanam. Tapi, yang paling banyak terlihat adalah jenis anggrek bulan. Bunganya warna ungu. Sungguh indah.
Kalau melihat jenisnya, anggrek termasuk kembang yang gampang-gampang susah ditanam. Dibilang gampang karena kalau kita sudah menemukan rumusnya, maka untuk hidup subur dan melahirkan bunga, sungguh mudah dilakukan. Sebaliknya, akan menjadi sulit kalau kita tidak mengetahui karakter anggrek.
Anggrek yang termasuk dalam keluarga orchidaceae memiliki sekitar 30 spesies. Itu jumlah yang ada di seluruh dunia. Nah, dari jumlah itu, beruntung Indonesia mempunyai spesies agak banyak. Sekitar 20 persen atau 6.000 spesies anggrek dimiliki Tanah Air. Oke kan? (*)