Harus Berani Salah dan Gagal


               
Oleh: Tanadi Santoso
Mitra bisnis, Mario Andretti adalah seorang pembalap dunia. Ketika dia ditanya, "Kamu dengan ngebut seperti itu, apakah kamu bisa mengontrol mobilmu?" Dia akan
selalu menjawab, "If things seem under control, you are just not going fast enough." Artinya bahwa kalau semua sudah berjalan under control, maka kamu akan merasa
kurang cepat ngebutnya.

Kalau melihat dalam kehidupan, kita seringkali merasa bahwa semuanya sudah beres. Berarti Anda kurang ngebut atau kurang cepat dalam menjalani kehidupan. Kalau
Anda sudah merasa cepat dalam kehidupan ini, maka Anda akan tahu bahwa sebagian dari kehidupan ini tidak bisa dikontrol lagi karena sudah jalan dengan sendirinya.
Hal ini menyangkut tentang keberanian kita untuk gagal. Istilahnya dear to be fail or dear to be wrong. Dalam melakukan kegiatan-kegiatan umum, kita harus berani salah maupun gagal. Tentu saja masih dalam calculated risk atau risiko yang sudah diperhitungkan. Seringkali kita tidak ingin melakukannya karena kita merasa kehidupan kita sudah bagus. Bisnis sudah jalan selama puluhan tahun, kenapa harus mencoba hal yang baru? Bagaimana kalau gagal, salah atau dagangan tidak laku? Keberanian untuk gagal dan keberanian pula untuk menjadi salah merupakan kunci yang sangat penting untuk sukses dalam berbisnis.
Seringkali orang tidak mau salah sama sekali. Maunya  perfectly all right, maka di sanalah timbul kesulitan kita untuk maju. Pada saat kita tidak mau salah dan hanya mau benarnya saja, maka apa yang kita lakukan hanyalah hal-hal yang selalu kita lakukan seperti hari-hari sebelumnya. Akhirnya kita tidak mau melakukan hal baru karena di sana ada risiko. Padahal kehidupan ini akan menjadi jauh lebih maju kalau kita mau menantang risiko kita, ketakutan kita akan salah, ataupun kegagalan.
Begitu banyak orang yang selalu bilang, "Saya sudah 20 tahun bekerja, tidak pernah telat satu hari pun. Tidak pernah mbolos satu hari pun. Cuti pun tidak pernah saya
ambil. Kok saya tetap begini saja ya?"
Maka Anda harus mulai bertanya, apakah selama puluhan tahun Anda bekerja dan tidak pernah terlambat sama sekali, adalah elemen yang paling diharapkan dari perusahaan Anda? Mungkin juga tidak.
Tetapi bisa jadi yang diharapkan adalah sejauh mana Anda memberikan return yang terbaik untuk perusahaan sehingga kondisinya lebih maju. Kalau Anda tidak melakukan itu, Anda melakukan hal yang salah dan committed to the wrong thing. Anda hanya melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan. Maka Anda akan mengalami kegagalan dalam hidup ini untuk mencapai sesuatu yang hebat.
Demikian business wisdom hari ini. Semoga apa yang saya sampaikan hari ini memicu Anda untuk tidak takut berbuat salah ataupun mengalami kegagalan. Sukses untuk bisnis Anda. (*/13)