The Commuter


Liam Neeson dipertemukan kembali dengan sutradara Jaume Collet-Serra untuk proyek film baru mereka berjudul The Commuter. Film bergenre gado-gado, antara drama, misteri, aksi, sekaligus thriller ini adalah layar lebar keempat keduanya dalam satu proyek. Sebelumnya, baik Neeson maupun Serra sudah pernah dipertemukan di film Unknown (2011), Non-Stop (2014), serta terakhir Run All Night (2015). Istimewanya, tiga film sebelumnya juga bergenre sama, yaitu ada unsur misterinya.

Film ini juga memasang aktris Vera Farmiga sebagai bintang utama wanita. Pertemuan Farmiga dengan Serra di film ini, juga bukan yang pertama kalinya. Tahun 2009, Farmiga sudah pernah ditangani Serra lewat film Orphan.
Banyak kritikus film yang memuji keputusan Serra memilih Neeson sebagai bintang utama film ini. Neeson dinilai sebagai aktor yang tepat untuk memerankan karakter Michael MacCauley, tokoh sentral di film berdurasi sekitar 104 menit itu.
Karir action thriller Neeson mulai kelihatan ketika ia memerankan tokoh Bryan Mills, pensiunan agen CIA di film Taken (2008). Di film itu, karakter Mills adalah seorang suami sekaligus bapak yang keluarganya diculik. Aksi-aksi Mills selama proses pencarian keluarganya sangat pas untuk dinikmati. Mills digambarkan sebagai laki-laki garang, berani, perkasa, bertanggung jawab dan berani ambil risiko.
Saking terkenalnya Neeson di film itu, sampai muncul quote berbunyi, “I will find you, and I will kill you.” Kesuksesan Taken ini juga berlanjut dengan munculnya Taken 2 (2012), Taken 3 (2015), dan kabarnya akan segera dibuat Taken 4. Berkat permainannya di Taken pula, akhirnya Neeson dipercaya untuk bermain di film dengan genre sejenis, yaitu Non-Stop dan Run All Night.
Tak jauh beda dengan film-film aksi sebelumnya, di The Commuter, Neeson juga  menjadi karakter yang ‘laki-laki’ banget. Namanya Michael Woolrich. Ia seorang agen asuransi. Untuk aktivitas mobile sehari-hari, si pria ini memilih naik kereta api listrik alias komuter.
Nah, suatu ketika Woolrich dihadapkan pada seorang penumpang gelap. Nah, penumpang ini sangat membahayakan nyawa Woolrich dan juga penumpang lain.
Hingga suatu hari, sebuah peristiwa terjadi di dalam komuter itu. Woolrich sedang berada pada situasi yang sangat menegangkan, karena ia tahu bahwa ada serangan dari sekelompok penjahat. Ia pun melakukan sesuatu untuk menyelamatkan nyawa ribuan penumpang komuter. Karena kalau sampai dia diam saja, ribuan nyawa akan melayang sia-sia. Karena sejatinya di kereta apil listrik itu telah terjadi konspirasi  kejahatan tingkat tinggi. (*)

Jenis                     : Aksi, Thriller, Drama, Misteri
Sutradara            : Jaume Collet-Serra
Skenario              : Philip De Blasi, Byron Willinger
Produksi              : Lionsgate
Produser             : Michael Dreyer, Andrew Rona, Alex Heineman
Rating                  : Remaja (13+)
Durasi                  : Sekitar 104 Menit
Rilis                      : 12 Januari
Pemain                : Liam Neeson, Patrick Wilson, Vera Farmiga, Jonathan Banks, Elizabeth McGovern, Saml Neill, Kilian Scott, Andy Nyman, Shazad Latif, Clara Lago, Roland Moller, Florence Pugh, Dean-Charles Champan, Ella-Rae Smith, Collin McFarlane, Kobna Holdbrook-Smith, Letitia Wright, Pat Kiernan