Star Wars: The Last Jedi


Jenis                 : Aksi, Fantasi, Petualangan
Sutradara        : Rian Johnso
Skenario          : Rian Johnso, George Lucas
Produser         : Kathleen Kennedy, Ram Bergman
Produksi          : Lucas Film Ltd, Ram Bergman Productions
Distributor      : Walt Disney Studios
Rilis                  : 15 Desember 2017
Durasi              : Sekitar 150 Menit   
Rating              : 13 Tahun ke Atas
Pemain            : Tom Hardy, Daisy Ridley, Adam Driver, Laura Dern, Domhnall Gleeson, Carrie Fisher, John Boyega, Oscar Isaac, Gwendoline Christie, Mark Hamill, Benicio Del Toro, Billie Lourd, Lupita Nyong’o, Andy Sekis, Warwick Davis

Jika Anda penggemar film epik tentang antariksa, jangan sampai melewatkan film serial ke-8 dari saga film Star Wars ini. Sudah digagas sejak beberapa tahun lalu, produser film fantasi, aksi, sekaligus petualangan ini akhirnya sepakat memberinya judul Star Wars: The Last Jedi. 
Film berdurasi dua setengah jam ini merupakan serial ke-2 dari Star Wars sequel trilogy mengikuti Star wars: The Force Awakens (2015).  Sejak tahun 2012,  kehadiran film ini sudah diumumkan. Tepatnya setelah Disney mengakuisi Lucas Film.
Untuk tetap memberikan benang merah dengan film-film sebelumnya, sejumlah pemain masih dipertahankan keberadaannya, seperti Mark Hamill, Carrie Fisher, Adam Driver, Daisy Ridley, John Boyega, Oscar Isaac, Lupita Nyong’o, Domhnalll Gleeson, Anthony Daniels, Gwendoline, Andy Serkis. Kemudian untuk menambah film ini semakin berbobot, sejumlah pemain baru juga dilibatkan. Misalnya Benicio del Toro, Laura Dern, dan Kelly Marie Tran. Khusus bagi Carrie Fisher, Star Wars: The Last Jedi merupakan film terakhirnya. Pemeran karakter Princess Leia Organa itu meninggal dunia pada 27 Desember 2016 silam. Beruntung sebelum ia meninggal, seluruh beban syuting untuk Carrie Fisher sudah dituntaskan sang aktris.
Star wars: The Last Jedi melakukan syuting di sejumlah negara. Dimulai dua tahun lalu (2015), pengambilan gambar, terutama untuk pra-produksi, di antaranya dilakukan di Irlandia. Juga ada sejumlah adegan yang diambil di Meksiko. Namun, khusus untuk syuting utama tetap dilakukan di Studio Pinewood, Inggris pada Februari 2016. Total semua keperluan syuting bisa dirampungkan di Juli 2016.
Film ini akan menjadi momen kembalinya Luke Skywalker (Mark Hamill) setelah tokoh ini absen dari tiga dekade. Star Wars: The Last Jedi akan menjawab rasa penasaran para penggemarnya mengenai teka-teki ke mana Luke selama ini menghilang, setelah duel dengan sang ayah, Darth Vader.
Di serial ke-8 ini, cerita utama tetap mengenai bagaimana Rey (diperankan oleh Daisy Ridley) akan mengambil langkah pertama ke dunia yang lebih besar dari Star Wars: Awaken The Force. Rey juga akan melanjutkan perjalanan epiknya dengan Finn (John Boyega), Poe  Dameron (Oscar Issac), dan Luke Skywalker.
Mereka akan berhadapan dengan musuh yang lebih berbahaya dari sebelumnya. Dan dalam serial ini, hanya kerjasama dan kepercayaan yang dapat mengalahkan semua itu. (*)