Fakta Pernikahan Kahiyang-Bobby


Presiden Jokowi akan mantu, Rabu (8/11). Ia akan menikahkan satu-satunya anak perempuannya, Kahiyang Ayu. Jokowi sudah rela melepaskan anaknya kepada Muhammab Boby Afif Nasution, lelaki ganteng keturunan Batak. Kota Solo menjadi pilihan Jokowi untuk menggelar acara mantu keduanya tersebut. Inilah beberapa fakta dalam pernikahan paling ngehitz di 2017 itu.


1. Akan dinikahkan sendiri oleh ayahnya, Joko Widodo (Jokowi) yang tak lain adalah Presiden ke-7 RI.
2. Jumlah undangan 8.000-an. Kalau satu undangan datang berdua, berarti akan ada minimal 16 ribu orang.
3. Tidak hanya pejabat negara, pelawak juga termasuk dalam undangan. Tarzan, Cak Lontong, Indro Warkop, Sule, Jarwo Kwat masuk dalam list undangan.
4. Teman-teman Kahiyang waktu bersekolah di SD Mangkubumen Kidul 16 Surakarta, juga termasuk yang akan datang.
5. Juga turut diundang Relawan Jokowi yang jumlahnya 4.000 orang.
6. Menu makanan yang disiapkan khas Solo. Ada cabuk rambak, sate kere, timlo, tengkleng, hingga gudeg. Semua makanan yang dihidangkan merupakan hasil olahan Chili Pari Catering, usaha catering milik kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming. Juga akan ada menu spesial martabak Markobar. Martabak ngehitz yang menjadi primadona usaha Chili Pari.
7. Semua tamu undangan dilarang bawa kado. Baik dalam bentuk barang maupun uang. Larangan itu sudah langsung tertera di undangan. Jadi, nggak repot kan. Cukup berpakaian rapi, sopan, dandan cantik-ganteng, wangi, lalu bisa ketemu pengantin dan  makan enak. Siapa yang tidak mau? Sayang, saya nggak diundang.
8. Akan diliput oleh sedikitnya 650 jurnalis lokal, baik dari media cetak, televisi, online, radio, maupun kru operator Satellite News Gathering (SNG). Juga akan hadir meliput 20 media asing dari sejumlah negara.  Ya, maklumlah. Namanya juga anak kepala negara.
9.Prosesi pernikan bersumber dari Keraton Kasunanan Surakarta. Maklum, orang tua Kahiyang, Jokowi-Iriana adalah Aslo alias asli Solo. Adat pernikahannyapun Solo klasik. Urutan seperti siraman, malam midodareni, ijab, panggih, hingga resepsi akan dilakoni. Kahiyang akan mengenakan busana ala pernikahan putri-putri Keraton Kasunanan. Puncaknya, ketika resepsi, Kahiyang akan mengenakan dodot basahan. Itu lho, yang bajunya model kemben.
10. Tonjolkan keramahan. Itulah ciri khas warga Solo. Untuk itulah sejak jauh hari panitia sudah mewanti-wanti agar semua orang yang terlibat dalam prosesi pernikahan bersikap ramah. Terutama yang berhubungan langsung dengan para tamu. Tukang becak yang mengantar tamu dari lokasi parkir ke Graha Saba Buana sebagai lokasi resepsi, juga diminta bersikap ramah, berpakaian rapi, tidak merokok dan bersepatu. Mereka diberi seragam batik lengan pendek warna cokelat dengan motif Wahyu Tumurun.
11. Bobby Nasution akan naik kereta dari Hotel Alila, tempatnya menginap bersama keluarga besar menuju ke Graha Saba Buana. Kirab calon mempelai pria ini bisa disaksikan oleh masyarakat umum. Satlantas Polresta Surakarta yang akan mengawal. Satlantas juga menyiapkan motor gede. (*)